Sandi Kotak 1 | Pramuka | eksen

 Belajar Sandi Kotak 1

Membuat dan membaca sandi kotak 1 sangatlah mudah. Saking mudahnya sandi kotak 1 kerap, disandingkan sandi angka dan sandi AND, para anggota pramuka siaga sudah diajarkan dan diujikan. Selain mudah, sandi kotak 1 biasanya dimasukkan dalam berbagai buku materi kepramukaan.

Namun, sandi yang mudah sekalipun akan menjadi sulit jika Anda tidak tahu cara membacanya, sebagaimana halnya dengan sandi kepramukaan lainnya. Begitupun juga sandi kotak 1 ini. Jadi, blog saya kali ini akan menyampaikan salah satu teknik kepramukaan ini.

Sandi Kotak sendiri memiliki banyak varian. Beberapa contohnya adalah Sandi Kotak I, Sandi Kotak II, dan Sandi Kotak III, dan lainnya. Dalam sesi kali ini, kita akan mempelajari cara membaca dan membuat Sandi Kotak I, yang merupakan sandi kotak yang paling dasar, sederhana, dan mudah dipahami.

Cara Membaca Sandi Kotak I

Sandi kotak I (Pertama), biasanya disajikan seperti ini.


Kata Kunci Sandi Kotak 1

Kata kunci biasanya menyertakan foto atau gambar "Kunci Sandi Kotak" atau informasi apakah sandi tersebut adalah sandi kotak 1. Kemudian ada soal yang harus dipecahkan. Dua kelompok terdiri dari gambar "Kunci Sandi Kotak I". Kelompok pertama terdiri dari garis vertikal dan horizontal dengan huruf "A" hingga "R", dan kelompok kedua terdiri dari garis diagonal dengan huruf "S" hingga "Z".

Selengkapnya lihat gambar di bawah.



Setiap bidang memiliki dua huruf. Sebagai contoh, huruf "A" dan "B" ada di kotak paling kiri atas, dan semua kotak lainnya juga. Gambar di bawah menunjukkan bahwa huruf A dan B memiliki lambang yang sama, tetapi huruf B memiliki "titik" yang membedakannya.

Dari "Kunci Sandi Kotak I" di atas, huruf dan lambangnya adalah sebagai berikut.





Kita dapat menggunakan "Kunci Sandi Kotak I" untuk langsung memecahkan dan membaca soal sandi yang ada. Jika gambar "Kunci Sandi Kotak I" tidak ada dalam soal, kita dapat membuat atau menggambar sendiri untuk membantu kita membaca soal sandi.

Setelah sandi dibaca, ia akan berbunyi seperti yang ditunjukkan di gambar ini.



Bagian Yang belum Di Isi Silahkan Untuk Di Isi


Ada beberapa bagian yang sengaja tidak diisi agar adik-adik anggota Gerakan Pramuka yang sedang mempelajari sandi kotak 1 ini dapat mencoba meneruskannya untuk mengerjakan latihan. Bagaimana? Ternyata sangat mudahkan untuk membuat dan membaca sandi kotak?

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.