Semaphore Pramuka | Huruf Semaphore Full | eksen

 Huruf Semaphore Pramuka

Pernah dengar semaphore pramuka di sekolah?
 
Ya, kata semaphore memang tidak  asing lagi di telinga kita karena merupakan teknik yang diajarkan saat seseorang mengikuti pramuka.

    Semaphore pramuka menggunakan bendera persegi berukuran 45 cm x 45 cm. Dengan panjang tongkat 55 cm. Bendera yang digunakan dalam semaphore Pramuka paling umum berwarna merah dan kuning karena cerah dan khas. Pemilihan warna ini memang disengaja karena warna ini mencolok meski dilihat dari kejauhan.



    Semaphore sekarang menggunakan dua bendera persegi panjang, yang digunakan oleh pengirim sinyal untuk menciptakan kondisi yang dapat diterjemahkan menjadi huruf dan angka. Sebenarnya warna bendera tergantung kemana pesan dikirim, jika dikirim dari laut bendera akan berwarna merah dan oranye, jika dikirim lewat darat bendera akan berwarna biru dan putih. Di Indonesia, bendera yang paling umum/ sering digunakan berwarna merah dan oranye. Warna bendera itu sendiri sebenarnya tidak terlalu penting, itu hanya sebagai tanda agar lebih mudah dipahami/ mudah diterima. Intinya penerima dapat dengan mudah dan mengerti pesan yang dikirim dari pengirim pesan atau sinyal.
 
    Ini memastikan bahwa bendera yang digunakan terlihat jelas dari kejauhan. Sinyal semaphore diberikan kepada kedua belah pihak dengan menggunakan bendera ini, yaitu pengirim dan penerima.
 
Apa itu semaphore pramuka? Mari kita cari tahu bersama, yuk! 
 

Deskripsi Semaphore Pramuka 

 
    Semaphore Pramuka adalah proses pengiriman sinyal atau pesan menggunakan perangkat sederhana. 
 
    Alat sederhana yang sering digunakan adalah bendera, tongkat atau bahkan tangan kosong.
    Penyampaian Semaphore dilakukan dengan menjulurkan dua tangan untuk menetapkan posisi sesuai dengan susunan atau formasi yang telah ditentukan.





























    Nah, alat sederhana seperti bendera dan tongkat berperan untuk memperjelas arah gerakan tangan saat menyampaikan informasi.

    Mempelajari semaphore bukanlah tugas yang mudah, tetapi seseorang dapat mulai melakukannya dengan mengetahui prinsip rotasi searah jarum jam. 
 
    Karena jika diperhatikan, pergerakan semaphore dari A ke Z akan perlahan melewati jam jika dilihat dari sisi penerima.

    Nah, itulah gambaran lengkap dari semaphore pramuka.
    Semoga informasi ini bisa menjawab rasa penasaran kamu, ya. 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.