Jadwal, Keutamaan dan Niat Puasa Tarwiyah Dan Arafah 2023 | Idul Adha |eksen

Puasa Tarwiyah Dan Arafah

Amalan yang dianjurkan di bulan Dzulhijjah termasuk berpuasa selama sembilan hari pertamanya. Ini termasuk puasa Tarwiyah dan Arafah, yang dilakukan dua hari sebelum Hari Raya Idul Adha.

Sangat disayangkan jika amal puasa Tarwiyah dan Arafah dilewatkan karena memiliki banyak keutamaan. Untuk memastikan bahwa Anda tidak terlewatkan, lihat jadwalnya berikut ini. Banyak orang belum tahu kapan puasa Tarwiyah dan Arafah akan dilaksanakan pada tahun 2023.

 

 

Jadwal Puasa Tarwiyah dan Arafah 2023

 

Bagaimana Jadwal Puasa Tarwiyah dan Arafah 2023: Tanggal 1 Dzulhijjah jatuh pada 20 Juni, dan Hari Raya Idul Adha 1444 H jatuh pada Kamis, 29 Juni 2023. Kedua puasa dilakukan sebelum Idul Adha.

 

Tanggal 8 Dzulhijjah 1444 H adalah tanggal puasa Tarwiyah, dan tanggal 9 Dzulhijjah adalah puasa Arafah. Tanggal 8 Dzulhijjah 1444 H jatuh besok, Selasa 27 Juni 2023, dan puasa Arafah jatuh pada Rabu 28 Juni 2023.

 

8 Dzulhijjah 1444 H, Puasa Tarwiyah: Selasa, 27 Juni 2023

 

Puasa Arafah 9 Dzulhijjah 1444 H: Rabu 28 Juni 2023, jadi Anda masih dapat menikmati keutamaan puasa Tarwiyah dan Arafah pada tahun 2023. Jangan lupa untuk mengucapkan niat Anda sebelum melakukan apa yang Anda inginkan.

 

 

Keutamaan Puasa Tarwiyah dan Arafah

 

Keutamaan Puasa Tarwiyah dan Puasa Arafah: Melaksanakan puasa Tarwiyah di bulan Dzulhijjah adalah hukum yang dianggap sunah. Ini berarti bahwa meskipun Anda tidak melakukannya, Anda akan mendapatkan pahala yang besar jika Anda melakukannya. Jadi akan lebih baik untuk melakukannya.

 

Puasa Tarwiyah memiliki banyak keutamaan yang luar biasa, salah satunya adalah kemampuan untuk menghapus dosa. Dalam sebuah hadis, disebutkan bahwa puasa ini memiliki kemampuan untuk menghapus dosa selama satu tahun.

 

صوم يوم التروية كفارة سنة وصوم يوم عرفة كفارة سنتين

 

Artinya, "Puasa hari Tarwiyah dapat menghapus dosa setahun. Puasa hari Arafah dapat menghapus dosa dua tahun," (HR Abus Syekh Al-Ishfahani dan Ibnun Najar).

 

Hadis keutamaan amal saleh di bulan Dzulhijjah juga diriwayatkan oleh Imam Bukhari.

 

عن ابن عباس مرفوعا: "ما من أيام العمل الصالح أحب إلى الله فيهن من هذه الأيام" -يعني عشر ذي الحجة -قالوا: ولا الجهاد في سبيل الله؟ قال: "ولا الجهاد في سبيل الله، إلا رجلا خرج بنفسه وماله، ثم لم يرجع من ذلك بشيء

 

Artinya: "Dari Ibnu Abbas dengan kualitas hadits marfu'. 'Tidak ada hari-hari di mana amal saleh lebih disukai Allah pada hari itu dari pada hari-hari ini, maksudnya sepuluh hari Dzulhijjah.' Kemudian para sahabat bertanya, 'Bukan pula jihad, ya Rasulullah?' Rasul menjawab, 'Tidak pula jihad di jalan Allah kecuali seorang lelaki yang keluar membawa diri dan hartanya kemudian ia pulang tanpa membawa apa-apa lagi,'" (HR Bukhari).

 

 

Niat Puasa Tarwiyah dan Puasa Arafah

 

Untuk melakukan puasa Tarwiyah dan Arafah, orang harus membaca niat mereka. Ini berlaku untuk puasa lainnya juga. Ini adalah niat puasa Tarwiyah dan Arafah.

 

Bacaan Niat Puasa Tarwiyah

نَوَيْتُ صَوْمَ تَرْوِيَةَ سُنَّةً لِلّٰهِ تَعَالَى

 

Latin: Nawaitu shauma tarwiyata sunnatan lillâhi ta'âlâ.

 

Artinya: "Saya niat puasa sunnah Tarwiyah karena Allah ta'âlâ."

 

Bacaan Niat Puasa Arafah

نَوَيْتُ صَوْمَ عَرَفَةَ سُنَّةً لِلّٰهِ تَعَالَى

 

Latin: Nawaitu shauma arafata sunnatan lillâhi ta'âlâ.

 

Artinya: "Saya niat puasa sunnah Arafah karena Allah ta'âlâ."

 

Ini berfungsi sebagai pengingat bagi mereka yang akan melaksanakan Puasa Tarwiyah dan Puasa Arafah pada tahun 2023. Semoga Allah SWT memberi kita kemudahan untuk melakukan ibadah. Semoga itu membantu.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.