Sandi MORSE | Belajar mengingat Morse dengan mudah | Pramuka | eksen

 Semboyan Sandi Morse

Salah satu materi yang diajarkan kepada anggota pramuka, terutama penggalang, adalah tentang Sandi, yang dalam bahasa sansekerta berarti rahasia atau menyembunyikan. Hanya mereka yang telah mempelajarinya yang dapat menggunakannya.

Pertama kali, sandi digunakan untuk berkomunikasi tanpa diketahui orang lain di luar kelompok, seperti musuh. Sandi digunakan oleh pramuka sebagai media pembelajaran dan dalam kegiatan militer yang membutuhkan kerahasiaan.

Sandi kotak, sandi morse, sandi angka, dan banyak jenis sandi lainnya yang digunakan sebagai alat komunikasi rahasia, baik secara tertulis maupun tidak tertulis, adalah beberapa jenis sandi yang dipelajari oleh anggota pramuka.

SANDI MORSE

Sandi Morse ditemukan oleh warga Amerika Samuel Fibley Breese Morse. Sandi ini membentuk kalimat dengan titik dan garis sesuai dengan ketentuan penggunaannya. Kode morse biasanya dikirim melalui radio, asap, lampu, telegraf, dan arus listrik yang memiliki fungsi untuk membedakan titik (.) dari strip (-).

Pada tahun 1837, sandi morse masih digunakan secara terbatas. Sandi morse digunakan untuk mengirimkan pesan melalui sistem telegraf. Kode morse asli tidak sama dengan kode morse modern, termasuk jeda, tanda hubung, dan titik. Konferensi di Berlin tahun 1851 menetapkan kode morse yang sekarang kita kenal.

KODE SANDI MORSE



CARA CEPAT MENGHAFAL SANDI MORSE

Metode Kata

Sandi dapat dikategorikan ke dalam berbagai kategori dalam metode kata. Metode ini caranya yaitu dengan mengingat huruf vokalnya, vokal (A,I,U,E) untuk tanda titik (.), vokal (O) untuk tanda strip (-). Untuk lebih jelas, teman-teman dapat melihat gambar ini:




Inti dari kode metode diatas jika dibaca menggunakan kode biasa akan membentuk serangkaian tanda titik (.) dan tanda strip (-). Untuk lebih jelasnya pahami gambar ini:




Teman-teman dapat mempelajari atau menghafal sandi morse dengan cepat dengan dua metode di atas (metode biasa dan metode kata). Ada banyak metode lainnya, tetapi kalian dapat berkonsentrasi pada salah satu dari dua metode di atas.

Semoga bermanfaat bagi kalian yang membutuhkan materi ini. Sekian, terimakasih.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.